MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) SLB Tegar Harapan

 

Pendidikan karakter menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, sekolah diharuskan untuk membangun peserta didiknya supaya menjadi siswa yang berkarakter. Salah satunya adalah mengadakan kegiatan MABIT atau Malam Bina Taqwa. Apa itu MABIT? 

Secara garis besar, kegiatan ini fokus pada penguatan iman dan juga taqwa para siswa. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan MABIT bisa membantu siswa untuk meningkatkan kualitas diri sehingga bisa menjadi siswa yang berkarakter religius berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

MABIT merupakan salah satu sarana tarbiyah untuk melembutkan hati, membina ruhiyah, membersihkan jiwa dan juga membiasakan fisik untuk beribadah.  Adapun program MABIT SLB Tegar Harapan adalah shalat berjamaah, sholat sunnah, lomba kaligrafi, lomba nyanyi, lomba cerita nabi, lomba wudhu, lomba adzan dan tausyyiah

Melalui kegiatan ini siswa dididik dan dibina supaya menjadi lebih paham dan mengerti betapa pentingnya keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Selain itu, siswa diharapkan tidak hanya cerdas secara intelektual saja melainkan juga memiliki peran dan tanggung jawab kepada sesama manusia dan Allah SWT dengan baik.

Seluruh rangkaian acara mabit dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SLB Tegar Harapan, Bpk. Nur Arismanto, S.Pd.  Acara motivasi juga terasa spesial karena mengundang pendongeng sebagai pengisi tausiyyah oleh Bunda Dewi Enggal

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan siswa dari kegiatan MABIT. Beberapa diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Iman dan Taqwa Para Siswa

        Manfaat pertama dari kegiatan MABIT adalah untuk meningkatkan iman dan takwa para siswa. Meskipun kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu yang singkat, biasanya hanya 1 malam saja tetapi bisa sangat berpengaruh pada keimanan dan ketakwaan siswa yang mengalami peningkatan. 

2. Menjadi Lebih Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

       Mengikuti kegiatan MABIT yang diadakan oleh pihak sekolah, siswa akan terinspirasi dan termotivasi agar terbiasa untuk menjalankan shalat malam atau shalat lail.

3. Menumbuhkan Muhasabah atau Introspeksi Diri

        Siswa bisa intropeksi diri mengenai perilaku dan tutur kata yang selama ini kurang baik. Siswa akan termotivasi untuk memperbaiki diri sehingga bisa meningkatkan kualitas akhlaknya

4. Berupaya untuk Menjadi Hamba yang Bertakwa

       Siswa diharapkan taat menjalankan perintah Allah SWT dan mengerjakan amalan-amalan sunnah serta banyak berzikir dan berdoa. Selain itu, siswa juga akan menjauhi perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

5. Memiliki Kesempatan Melakukan Riyadhah

           Pada saat mengikuti kegiatan ini siswa dilatih untuk menjalankan sholat lima waktu di awal waktu serta menjalankannya secara berjamaah di masjid.Selain itu, siswa juga akan terlatih untuk mengerjakan sholat sunnah, tidak hanya saat acara berlangsung saja tetapi dilakukan pada hari-hari berikutnya.

6. Lebih Menghargai Waktu

         Ada waktu untuk beribadah kepada Allah SWT dan kapan waktunya untuk berbuat atau berperilaku untuk kepentingan dunia. Dari sini nantinya siswa akan lebih menghargai waktu supaya lebih produktif.

Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh seluruh siswa. Semoga dengan kegiatan ini anak anak memperoleh manfaat serta pengalaman yang luar biasa bagi anak anak serta bertambah ketaqwaan nya kepada Allah SWT serta meningkat akhlak nya dalam kehidupan sehari-hari dan mampu menciptakan generasi tangguh yang siap mengemban amanah dari sekolah, ataupun bangsa dan negara kelak, aamiin


    FOTO-FOTO KEGIATAN


























.


0 Komentar